-->

Ban Gundul Sebelum Waktunya, Ini Ia Penyebabnya

Ban Gundul Sebelum Waktunya, Ini Ia Penyebabnya
Ban Gundul Sebelum Waktunya, Ini Ia Penyebabnya
– Ban Gundul Sebelum Waktunya, Ini beliau Penyebabnya, Halo teman netters semua, Ban merupakan perlengkapan motor yang sangat vital, apalagi jikalau kita tiap hari sering berkeliling dengan motor tunggangan kita, akan tetapi ban motor itu juga memiliki masa, lambat laun  tipis dan habis komponnya. Namun, kita pernah menjumai kejadian belum waktunya ganti ban, sudah minta ganti itu sama dengan ada kesalahan perlakukannya. Ban yang infinit sih dapat dua tahun atau sekitar 30.000 km penggunaannya . “Tapi kurang dari ini sudah mulus or botak, cara rawat dan perlakuannya yang salah,” terang Totok dari dari potongan teknik FDR.
Dan berikut ini hal-hal yang menimbulkan penyebab Ban Gundul sebelum waktunya ganti.

Gaya mengemudi yang ugal-ugalan
Gaya mengemudi yang suka kau juga salah satu karena ban cepat habis. Apalagi bila sering mengerem yang muncul suara yang lama. Dipastikan ban akan tidak rata ausnya. Termasuk di dalamnya  gas-rem-gas-rem dengan ektrem. Habis itu gas full dengan akselerasi yang yahud. Itu sama dengan agresi 3 bulan. Maksudnya, ban yang seharusnya dapat tiga tahun, dengan carta ini hanya 3 bulan.

Jenis kompon ban
Ban harian diolah dari pabriknya pakai kompon reguler yang lebih keras dibanding ban balap yang memakai kompon lunak. Tak sedikit pengendara motor yang menentukan ban balap untuk dipakai sehari-hari. Tentu saja enak, tapi jadinya cepat ganti.

Tekanan angin
Jika tekanan angin kurang, permukaan tapak ban yang bersentuhan dengan aspal lebih banyak. Akibatnya, kontak antara ban dan aspal juga banyak dan otomatisgesakan lebih besar. Ujungnya kompon ban banyak terkikis aus. Ban kempes juga akan membebani mesin, materi bakar boros. Tekanan angin standar dengan beban rata-rata yaitu depan 28 – 30 psi dan belakang 30 – 32 psi.

Kelebihan beban
Pada dinding ban tertulis beban maksimum yang boleh diterima oleh si karet. Beban berlebaihan bikin  gesekan antara ban dan permukaan aspal akan lebih besar. Bila motor memang dibeli tujuannya untuk angkutan berat, sebaiknya semenjak awal pilih ban dengan load index yang lebih.

Suspensi Rusak
Bila suspensi rusak atau sokbreker tidak aktif, ban juga jadi benjol-benjol. Keausannya tidak rata karena tekanan suspensi pada aspal tidak rata. Makanya, bila ada ban yang tidak rata ausnya,  dipastikan dari kinerja suspensi

Nah sudah tahu khan teman otomotif semua penyebab dari gundulnya ban kita. sepakat mungkin itu saja yang dapat admin kutip dari website http://maniakmotor.com/. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Advertisement